Sabtu, 02 April 2011

KAMPUNG RUSA

Kampung RusaKampung Rusa, nama populer untuk Kampung 99 Pepohonan, adalah sebuah tempat wisata keluarga atau pun kelompok dengan nuansa dan suasana pedesaan, yang terletak di Jl. KH. Muhasan II, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok. Jalan masuk ke Kampung Rusa berada tepat di seberang jalan masuk ke Masjid Kubah Emas, Depok, melewati sebuah sungai kecil dan persawahan.
Lingkungan Kampung Rusa memang cukup rimbun dengan berbagai macam pepohonan yang ditanam untuk membuat hijau lingkungan, membantu penyerapan air, dan juga digunakan untuk keperluan lain. Beberapa jenis pohon yang ada di Kampung Rusa diantaranya adalah Pohon Maja, Trembesi, Jati Putih, Rengas, Kemang, Karet, dan banyak lagi yang lainnya.
Kampung Rusa
Rumah-rumah di Kampung Rusa semuanya terbuat dari kayu, seperti rumah yang terlihat pada foto di atas. Beberapa rumah ini disediakan bagi mereka yang berkeinginan untuk menginap di Kampung Rusa.
Kampung Rusa
Suasana di lantai bawah rumah pertama yang dipergunakan sebagai tempat menerima tamu, sekaligus sebagai warung yang menyediakan menu makanan dan minuman yang dibuat dari hasil kebun dan peternakan Kampung Rusa sendiri, seperti yoghurt buah sukun, kiwi, orange, strawberry atau anggur, carcade (teh arab) dan susu kambing jahe.
Kampung Rusa
Sebuah lapangan terbuka berukuran cukup luas yang dikelilingi oleh pepohonan berada di bagian depan kompleks Kampung Rusa, tempat yang biasa digunakan untuk melakukan berbagai permainan kelompok. Di latar belakang adalah tempat parkir kendaraan yang meskipun luasnya agak terbatas namun pengelola Kampung Rusa biasanya akan menyediakan lahan parkir di tempat lain jika acaranya melibatkan banyak orang.
Kampung Rusa
Rumah panggung dari kayu yang terletak di bagian belakang kompleks Kampung Rusa. Lantai bawah bangunan ini sering dipakai untuk bermain musik, sebelum dibangun rumah panggung serbaguna yang baru yang berada tepat di depan rumah panggung ini.
Kampung Rusa
Beranda yang menghadap ke rumah panggung serbaguna, yang saat itu masih dalam tahap pembuatan.
Kampung Rusa
Salah satu rumah di Kampung Rusa yang lantai bawahnya biasa digunakan sebagai tempat makan ketika berlangsung acara yang melibatkan banyak orang.
Kampung Rusa
Di sebelah kiri tempat makan itu terletak beberapa kandang binatang yang berisi Rusa jenis Timorensis, monyet dan beberapa jenis binatang lainnya.
Kampung Rusa
Kolam ikan mas Di Kampung Rusa. Selain sebagai tempat rekreasi, Kampung Rusa juga dimaksudkan sebagai sarana pendidikan anak-anak untuk lebih mengenal kehidupan di kampung, dengan berbagai jenis kegiatan peternakan, perikanan dan pertanian.
Kampung Rusa
Sebuah kolam pemancingan yang terbuka untuk umum di kompleks Kampung Rusa.
Kampung Rusa
Salah satu kandang sapi milik Kampung Rusa. Ada cukup banyak sapi yang diternakkan di sini, termasuk jenis yang bisa memiliki bobot sangat besar.
Kampung Rusa
Tempat penyiapan dan pengolahan pakan ternak. Anak-anak bisa melihat bagaimana proses pembuatan pakan ternak di tempat ini.
Kampung Rusa
Salah satu kandang kambing di Kampung Rusa. Kambing-kambing ini selain diambil dagingnya, juga diperah susunya untuk dijual sebagai minuman.
Kampung Rusa
Rumah panggung di dalam kompleks Kampung Rusa yang dihuni oleh Abi, nama panggilan akrab bagi pemilik dan pengembang kawasan Kampung Rusa ini.
Kampung Rusa
Tempat penerima tamu dan warung makan Kampung Rusa dilihat dari sudut yang berbeda. Abi adalah penggemar dan kolektor motor besar, yang salah satunya dipajang di tempat ini.
Kampung Rusa
Laba-laba pun menemukan tempatnya sendiri di kompleks Kampung Rusa ini.
Kampung Rusa
Lantai dua rumah panggung penerima tamu yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berbincang dan bercengkerama, atau pun untuk berdiskusi kelompok.
Kampung Rusa adalah merupakan tempat wisata keluarga di daerah Depok yang layak untuk dikunjungi, terutama jika ingin memperkenalkan kepada anak-anak bagaimana kehidupan di perkampungan dengan berbagai kegiatan produktifnya di bidang peternakan, perikanan, pertanian, perkebunan, serta cara pengolahannya.

Kampung Rusa

Jl. KH. Muhasan II, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok, dengan jalan masuk tepat di seberang Masjid Kubah Emas, Depok.
http://thearoengbinangproject.com/2010/09/wisata-rusa/